December 14, 2011

Survey Manufaktur Tankan Memburuk di Bulan Desember

Kamis, 15 Desember 2011 08:00 WIB

(Vibiznews – Economy) – Rilis data hasil survey Tankan untuk sektor manufaktur besar di Jepang menunjukkan kondisi yang memburuk, jauh di bawah ekspektasi (15/12). Sektor manufaktur Jepang makin terpuruk ditekan oleh krisis Eropa dan nilai tukar yen yang terus menguat.

Indeks manufatur besar Tankan mengalami penurunan dan berada di level minus 4 poin pada rilis data hari ini. Indeks ini mengalami penurunan sebesar 6 poin. Pada rilis data Tankan bulan lalu indeks ini berada di posisi 2 poin. Indeks Tankan bulan ini juga jatuh di bawah ekspektasi yang mengharapkan angka minus 2.

Keuntungan perusahaan-perusahaan manufaktur besar, terutama yang berbasis ekspor mengalami penurunan. Toyota Motor merupakan salah satu perusahaan yang terkena dampak dari kenaikan nilai tukar yen tersebut.

BoJ pada bulan Oktober lalu telah melakukan langkah untuk meningkatkan pembelian aset senilai 55 triliun yen (704 miliar dolar). Langkah tersebut sebenarnya ditujukan untuk menyetem laju apresiasi yen. Akan tetapi tampak langkah tersebut gagal untuk melaksanakan tujuannya. Saat ini nilai tukar yen masih berada di kisaran tertinggi sejak akhir PD II, di posisi 78.00 per dolar.

No comments: