December 27, 2011

Rupiah Rabu Pagi Anjlok Tajam 110 Poin

Rabu, 28 Desember 2011 10:30 WIB

(Vibiznews – Business) – Pada perdagangan Rabu pagi  ini nilai tukar rupiah tampak kembali mengalami penurunan yang signifikan terhadap dolar AS (28/12). Rupiah tampak mengalami penurunan yang signifikan seiring dengan pasar yang cenderung lebih sepi.

Menjelang akhir tahun rupiah lazim mengalami penurunan terhadap dolar AS. Hal ini dikarenakan para pelaku pasar memilih untuk memegang dolar yang dinilai lebih aman apabila di masa liburan terjadi gejolak ekonomi yang tidak terduga.

Penurunan nilai tukar rupiah ini juga turut dipicu oleh tingginya permintaan para importir dalam negeri terhadap dolar. Dolar ini digunakan untuk melunasi utang dan bunganya yang jatuh tempo di akhir tahun.

Pada perdagangan pagi ini rupiah mengalami ditransaksikan pada posisi Rp9.180 per dolar AS. Posisi rupiah ini mengalami penurunan dibandingkan penutupan perdagangan kemarin yang berada di level Rp9.070 per dolar. Rupiah membukukan penurunan sebesar 110 poin.

Pergerakan rupiah terhadap dolar cenderung akan mengalami penurunan hingga akhir tahun. Akan tetapi BI dipastikan akan tetap berjaga-jaga agar rupiah tidak mengalami penurunan yang terlalu tajam.

No comments: