December 27, 2011

Data Ekonomi Jepang Cenderung Mengecewakan Ditekan oleh Yen yang Kuat

Rabu, 28 Desember 2011 09:30 WIB

(Vibiznews – Economy) – Rilis data produksi sector industry (preliminary industrial production) di Jepang untuk bulan November lalu menunjukkan kondisi yang kurang menyenangkan (28/12). Terjadi penurunan yang signifikan dibandingkan bulan Oktober sebelumnya seiring dengan menguatnya yen terhadap rival-rival utamanya, yang mengakibatkan permintaan terhadap produk ekspor dari Jepang mengalami penurunan tajam dari seluruh dunia.

Produksi pabrikan di Jepang mengalami penurunan bulanan sebesar 2.6% untuk bulan November lalu. Angka ini sangat mengecewakan, terutama setelah mengalami peningkatan bulanan sebesar 2.2% di bulan Oktober sebelumnya. Angka real dari produksi sector industry ini juga berada di bawah estimasi yang mengharapkan hanya akan terjadi penurunan sebesar 0.8%.

Sementara itu beberapa rilis data lain dari Jepang juga mengecewakan. Data penjualan eceran untuk bulan November tercatat mengalami penurunan sebesar 2.3% dibandingkan bulan November tahun 2010. Angka ini berada di bawah estimasi yang mengharapkan terjadi kenaikan tipis sebesar 0.1%.

Data pengeluaran rumah tanggal untuk bulan November di Jepang juga menunjukkan penurunan yang lebih besar dari estimasi. Terjadi penurunan tahunan sebesar 3.2%, tiga kali lipat dibandingkan estimasi yang hanya memprediksi penurunan sebesar 1.1%.

Sementara itu data inflasi di daerah Tokyo menunjukkan deflasi sebesar 0.3% secara tahunan di bulan November. Deflasi nasional mencapai angka 0.2%. Sementara itu tingkat pengangguran masih sama dengan bulan Oktober yaitu pada level 4.5%.

No comments: